New experience as student in Japan

December 15, 2012 in Uncategorized

Ogenki desuka… (Apa kabar teman2 dan mahasiswaku di Universitas Brawijaya Malang…)

Sudah lama sekali rasanya tidak menulis di blog ini karena kesibukan untuk persiapan sekolah S3…

Alhamdulillah, dengan berbagai macam kesibukan untuk persiapan sekolah yang lumayan berat, tiba saatnya saya keberangkatan ke Kyushu University Jepang. Kyushu University Jepang terletak di pulau Kyushu, kota Fukuoka yang merupakan salah satu universitas TOP TEN di Jepang, sama dengan Universitas Brawijaya yang masuk TOP TEN universitas di Indonesia. Bangga rasanya bisa masuk sebagai mahasiswa disini. Disini saya diterima di Faculty of Mathematics dengan bidang penelitian Atmospheric and Oceanic Fluid Dynamics. Saya tertarik dengan bidang ini karena saya harap bisa bermanfaat untuk menyelesaiakan masalah yang sering terjadi di Indonesia yakni terjangan angin Puting Beliung ataupun Tsunami.

Sebagai mahasiswa baru di lingkungan baru seperti negara Jepang yang kerja keras merupakan gaya dihidup masyarakat Jepang, disini Pofessor saya juga menuntut saya untuk belajar dengan keras. Saya berangkat ke kampus dari jam 9 pagi sampai 9 malam, istirahat untuk sholat dan makan. Begitulah kehidupan saya saya disini yang sudah disambut dengan datangnya musim gugur dan sekarang winter datang dengan suhu rata-rata harian dibawah 8 derajat Celcius. Awalnya memang berat karena mungkin belum terbiasa dengan rutinitas dan suhu seperti ini, tetapi lama kelamaan saya menikmatinya.

Ada hal penting yang perlu saya bagi kepada mahasiswaku yang sedang menuntut ilmu di Universitas Brawijaya terutama bagi yang mahasiswa yang sedang mempersiapkan Tugas Akhir yang diharuskan untuk publikasi di jurnal, karena disini saya juga dituntut untuk publikasi di Jurnal seperti kalian. Hal penting ini saya dapatkan dari Professor saya yang selalu mengatakan bahwa “Seorang penulis untuk menulisa sebuah buku maka dia harus punya pengetahuan yang banyak. Untuk memperoleh pengetahuan yang banyak maka seorang penulis harus banyak membaca. Membaca merupakan kunci keberhasilan seseorang karena membaca adalah jendela dunia, kamu akan bisa melihat apapun yang ada didunia dengan membaca.  Untuk dapat memahami buku yang kamu baca, kamu harus penuh konsentrasi untuk memahami apa yang ada dalam buku sehingga kamu akan mendapatkan pengetahuan yang banyak (bukan pengetahuan yang dangkal yang setelah membaca kemudian lupa). Setelah kamu membaca buku dan kamu mengerti maka kamu akan BAHAGIA”.  Dari sini, akhirnya saya mengerti ternyata sebagai mahasiswa kita memang dituntut untuk mengetahui sesuatu dengan dalam sehingga ilmu yang didapat akan kuat menempel pada ingatan kita, setelah itu saya praktekkan apa yang dikatakann Professor saya ternyata memang benar adanya, selain pengetahuan bertambah ada kepuasan batin tersendiri yang muncul.

Selain pengalaman tentang belajar yang baik disini saya juga mendapatkan pengalaman untuk hidup seimbang. Selain untuk belajar, tubuh kita juga butuh olahraga dimana di Jepang, penduduknya lebih suka untuk berjalan kaki, naik sepeda ontel atau naik angkutan umum. Jalan kaki dan bersepeda bisa menghemat biaya karena sepeda tidak membutuhkan biaya untuk membeli bensin, juga kita diajarkan untuk hidup sehat dengan berolahraga. Udara sekitar juga bersih karena tidak ada polusi udara. Naik angkutan umum juga akan mengurangi vulume kendaraan di kota Malang sehingga kota Malang menjadi kota yang bebas polusi……I hope.

Mungkin sampai disini dulu pengalaman saya dari negeri Jepang. Mudah-mudahan bermanfaat dan nantikan pengalaman menarik saya selanjutnya…

By:

Ummu Habibah

Jurusan Matematika, FMIPA UB

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>